Ingin Jadi Pribadi Kuat Secara Mental, Berhentilah Melakukan 7 Kebiasaan Ini!


IDN Times Safira Aulia


Membuat fisik yang kuat memang lebih mudah daripada membangun mental yang kuat. Kamu bisa rajin berolahraga setiap harinya. Tetapi, bagaimana dengan menguatkan mental?
Sama halnya membentuk fisik yang kuat, kamu perlu disiplin dengan kebiasaanmu terutama melatih pikiranmu. Terdengar lebih sulit ya? Karena semua berawal dari pikiran. Jika kamu ingin punya mental yang kuat, berhentilah melakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Berhenti menyalahkan dirimu terus menerus.


Ketika ada hal yang salah, tidak perlu terlalu memikirkan siapa yang salah. Cobalah untuk memikirkan apa yang membuat salah dan mengambil solusi serta belajar dari kesalahan tersebut. Hindari menyalahkan dirimu secara terus menerus

2. Berhenti membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Yang perlu kamu lakukan adalah membandingkan dirimu dari masa lalu.


Dengan membandingkan dirimu dengan orang lain, hal itu tidak akan membuatmu merasa lebih baik. Kamu hanya akan merasa lebih buruk dan menjadi orang yang tidak bersyukur. Kamu tidak akan pergi kemana-mana jika terus membandingkan dirimu dengan yang lain.

3. Berhentilah menggantungkan dirimu untuk hal yang tidak pasti.


Karena kamu tidak pernah tahu ending dari hubungan baik itu pacaran, keuangan dan keluarga. Jadi jangan pernah menggantungkan dirimu pada hal yang tidak pasti. Berusahalah menjadi orang yang dapat berdiri di kaki sendiri dan move on dengan cepat.

4. Berhentilah berhubungan dengan masa lalu. Hadapi masa kini.



Masa lalu ada hanya untuk kamu ambil hikmahnya demi hal yang lebih baik. Jadi, cobalah untuk tidak terlalu terlibat dengan masa lalu jika hal itu hanya akan menyakitimu. Kamu pantas untuk memiliki hidup yang lebih baik dan meraih hal-hal yang lebih indah untuk masa depanmu.

5. Berhentilah untuk selalu mengalah.


Di dalam hidupmu, pasti banyak orang yang tidak setuju dengan apa yang kamu pikirkan. Jika kamu merasa orang itu hanya ingin membuatmu jatuh, jangan membuatnya merasa paling benar. Cobalah untuk tidak mengalah dan hargai pendapat dan dirimu sendiri.

6. Berhentilah untuk selalu mengiyakan sesuatu. Kamu harus belajar bilang "Tidak".



Ketika orang meminta tolong padamu, kamu selalu berkata “ya” sampai kadang kamu mengorbankan dirimu sendiri. Sebaiknya cobalah untuk belajar berkata tidak untuk hal-hal yang sekiranya membuatmu menjadi prioritas yang kedua.

7. Berhentilah khawatir akan masa depan.



Kamu terus memikirkan apa yang akan terjadi dimasa depan dan kadang merasa takut jika masa depan tak sesuai dengan harapanmu. Jangan biarkan pikiran tersebut menguasaimu karena yang perlu kamu lakukan adalah menikmati hari-harimu dan melakukan yang terbaik saat ini untuk masa depanmu.
Jika berurusan dengan menguatkan mental, pastinya hal tersebut dua kali lebih sulit dari menguatkan badan. Selain disiplin, kamu harus benar-benar membuat prinsip yang akan terus kamu pegang agar pikiranmu tidak mudah terpengaruh. Semoga kamu dapat menerapkan hal-hal di atas dengan baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Jadi Pribadi Kuat Secara Mental, Berhentilah Melakukan 7 Kebiasaan Ini!"

Posting Komentar