Penghasilan Selalu Kurang, Berapa Sedekahnya?

Dialog Sedekah oleh Ustad Yusuf Mansur
Sumber: Tabloid Nurani Edisi 535 Tahun X Minggu ke 4 bulan April 2011

Tanya:

Assalamualaikum wr wb
Ustad Yusuf Mansur yang dimuliakan Allah, saya seorang staff di perusahaan swasta di Solo. Setiap bulan saya mendapat gaji Rp 2.5 juta. Tapi mengapa uang itu seolah cepat habis dan untuk menutupi kebutuhan hingga akhir bulan saya sering utang, Mengapa gaji saya itu seolah tidak pernah cukup, padahal pola hidup di keluarga saya tergolong sederhana. Apakah karena saya kurang sedekah? Padahal saya juga lumayan sering sedekah ke pengemis. Wassalamualaikum wr wb
 
Andi Wibowo
Solo Jawa Tengah

Jawab:

Wa'alaikumsalam wr wb
Saudara Wibowo yang dirahmati Allah, mengapa seseorang selalu merasa kurang secara penghasilan? Mungkin karena ia kurang sedekah. Banyak orang memiliki penghasilan besar, namun selalu merasa tidak cukup. Bahkan tidak jarang pengeluaran mereka lebih besar dari penghasilan yang didapat

Maka interopeksilah, mungkin sedekah yang kita keluarkan terlalu sedikit, sehingga berkah yang Allah berikan juga sekedarnya. Saya menyarankan agar bersedekah dengan harta terbaik. Terbaik bukan berarti jumlahnya banyak namun disesuaikan dengan hajat kita.

Dalam surat Al An'am ayat 160. Allah SWT sudah janji akan melipat gandakan pahala sampai 10 x lipat bagi mereka yang berbuat kebaikan. Jadi sebetulnya, kita tak perlu ragu untuk menyisihkan penghasilan bagi mereka yang membutuhkan.

1-1 = 10. itulah ilmu sedekah. Banyak kejadian di balik fenomena keajaiban sedekah. Jadi ketika saudara menemukan kesulitan kehidupan muncul, apapun namanya, apapun bentuknya, bersegeralah saja mencari orang-orang yang lebih sulit dari diri kita. Bersegeralah saja mencari orang-orang yang lebih susah, lebih menderita daripada beban yang kita pikul

Dan bersedekahlah dengan harta yang terbaik. Sebab Allah berfirman dalam Al Quran "Tidak akan mencapai kebaikan yang sempurna, sampai kamu mau mengorbankan apa yang kamu cintai.... " (QS Ali Imran 92)

Ada banyak bentuk fadilah (keutamaan) sedekah, seperti
1. menghapus dosa-dosa
2. memanjangkan umur
3. menolak bala (musibah)
4. menyembuhkan penyakit
5. mendatangkan jodoh
6. melipatgandakan rejeki
7. dsb

Karena itu, jangan berhenti sedekah karena apa yang ditujukan berlum tercapai. Percayalah bahwa kebesaran Allah dapat menyelesaikan semua masalah yang pelik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penghasilan Selalu Kurang, Berapa Sedekahnya?"

Posting Komentar