Subhanallah! Diusia Senja, Nenek Ini Bersemangat Jualan Bawang Sambil Mengaji


Tidak ada batasan usia untuk belajar dan beribadah. Hmm.. mungkin kalimat inilah yang pantas kita berikan untuk nenek Rokhani, nenek 90 tahun asal Gantem Lama, Magelang, Jawa Tengah.

Dikutip dari dream, Nenek Rokhani setiap hari berjualan bawamg tunggal atau bawang lanang di emperan toko mulai 9 WIB hingga 15.30. Tak hanya jualan bawang, yang dilakukan Rokhani lebih dari itu.

Ada satu kebiasaan unik yang kerap dia lakukan di sela menunggu dagangannya. Membaca kitab fikih berbahasa Arab. Seorang pengguna Facebook Mameth Hidayat sempat mengabadikan Aktivitas Rokhani saat berjualan, lalu mengunggahnya di akun miliknya.

“Dulu beliau berjualan di Pasar Rejowinangun. Akan tetapi setelah Pasar Rejowinangun kebakaran beliau berjualan di emperan toko oleh-oleh Endang Jaya Magelang,” tulis Mameth.

Mameth mengatakan membaca kitab sembari menunggu pembeli sudah menjadi kebiasaan Rokhani. Jika mendengar azan, Rokhani bergegas sholat di masjid terdekat dari lokasinya berjualan.

Rokhani memang dikenal sebagai sosok yang rajin ibadah. Pagi hari sebelum berjualan, Rokhani mengaji Alquran. Ketika di tempat jualan, dia baru membaca kitab fikih. “Beliau tinggal di Ganten sendirian, pernah diajak anaknya untuk tinggal bersamanya, akan tetapi beliau tidak mau,” tulis Mameth.

Rokhani tinggal di sebuah rumah kecil tidak jauh dari Masjid. Rumah itu hanya memiliki satu lampu yang digunakan untuk kebutuhan membaca Alquran. Untuk kebutuhan sehari-hari, Rokhani merasa cukup mengandalkan hasil dagangannya. Setiap hari dia menghabiskan uang untuk membeli sayuran.

Sakit punggung memang sempat ia keluhkan, mungkin sebab dari beban yang harus dia gendong. Meski begitu nenek Rokhani memilih untuk tidak menyerah sambil terus berusaha dan berserah diori kepada Allah SWT. Salut deh buat nenek Rokhani.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Subhanallah! Diusia Senja, Nenek Ini Bersemangat Jualan Bawang Sambil Mengaji"

Posting Komentar