Rumah Tak Kunjung Laku, Bagaimana Sedekahnya?

Dialog Sedekah oleh Ustad Yusuf Mansur
Sumber: Tabloid Nurani Edisi 530 Tahun X Minggu ke 3 bulan Maret 2011

Tanya:

Assalamualaikum wr wb
Ustad Yusuf Mansur yang dirahmati Allah, mau tanya Ustad. Kami sekeluraga berniat menjual rumah sejak 3 tahun yang lalu. Sesuai harga pasar sekitar Rp 1 Milyar. Alhamdulilah, kami selalu rajin sedekah dan zakat. Yang mau kami tanyakan, Apakah sedekah atau zakat yang kami keluarkan kurang sehingga rumah kami tak  kunjung laku? Mohon saran Ustad. Terima kasih. 
Wassalamualaikum wr wb.

Fitri Agustin
osmarzaidan@yahoo.co.id


Jawab:

Wa'alaikumsalam wr wb
Saudari Fitri yang dirahmati Allah, sebuah usaha lahiryah harus dibarengi dengan usaha batiniyah, yakni salah satunya dengan sedekah. Karena sedekah merupakan salah satu amal saleh yang dapat mengandung karunia Illahi.

Musyawarahkan dulu dengan saudara Anda yang lain untuk memotong 2.5% dari harga jual warisan tersebut. Jika disetujui dengan ditanggung bersama-sama. Sedekahkan 2.5% tersebut dengan niat yang ihklas. Meski belum terjual 2.5% itu sebagai inden sedekah.

Lalu setelah itu memperbaiki kualitas sholat Rawatib Anda dan keluarga yang lain. Jangan lewatkan pula setiap malam untuk sholat Tahajud dan pagi harinya sholat Dhuha.

Allah berfirman : "Tidak akan mencapai kebaikan yang sempurna, sampai kamu mau mengorbankan apa yang kamu cintai ...." (QS Ali Imran 92)

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah ra dijelaskan "Siapa memberi kelonggaran kepada orang yang mengalami kesulitan, maka Allah akan memberi kemudahan kepadanya di dunia dan akhirat"

Tidak ada kewajiban membaca surah tertentu dalam sholat Tahajud maupun sholat Dhuha.  Akan tetapi para ulama sepakat untuk rakaat pertama sholat Tahajud membaca surah Al Kaafiruun dan rakaat keduanya membaca surah Al Ikhlas. Sedangkan untuk sholat Dhuha membaca surah Asy Syamsi dan rakaat keduanya membaca surah Adh Dhuha.

Munajatkan semua keresahan di hadapan Allah di saat manusia terlelap tidur. Jaga diri dari perbuatan-perbuatan yang mengundang murkanya Allah. Disinilah kunci dan pintu rizki Allah persiapkan untuk hamba-hambanya yang sholeh.

Munajatkan hajat, keinginan, cita-cita dan harapan Anda kepada Allah. Dengan sepenuh harap dan keyakinan hanya Allah yang bisa memberikan jalan keluar. Hanya Allah yang bisa memberi solusi kehidupan yang halal dan thayyib (baik). Semoga hajat saudari Fitri segera dikabulkan Allah SWT. Amin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumah Tak Kunjung Laku, Bagaimana Sedekahnya?"

Posting Komentar