Miss V Terasa Gatal Setelah Haid, Normal Nggak Sih?


Ladies, pernah nggak kamu merasa Miss V gatal setelah haid? Kadang rasanya agak aneh, ya. Ketika sudah bersih, seharusnya Miss V terasa lebih nyaman dan aktivitas bisa kembali seperti semula. Cuma memang dalam beberapa kasus seorang wanita bisa mengalami gatal di area Miss V setelah haid.

Sekarang masalahnya sebenarnya kondisi itu normal nggak sih? Jawabannya bisa beragam tergantung dengan penyebabnya. Mulai dari perubahan hormon hingga berkaitan dengan produk pelembap yang kita gunakan. Selengkapnya, langsung saja ikuti infonya di sini.

Produk Pelembap yang Digunakan Menimbulkan Iritasi

Seperti yang dilansir oleh newhealthadvisor.com,rasa gatal di Miss V bisa disebabkan iritasi yang ditimbulkan dari penggunaan produk pelembap tertentu. Bahan pewangi, pewarna, dan zat yang terkandung di pelembap bisa menyebabkan iritasi di kulit Miss V yang sensitif.

Terkadang menggunakan pelembap yang terlalu lama saat sedang haid bisa menyebabkan Miss V gatal sesudahnya. Sebaiknya jangan menggunakan pelembap lebih dari tiga atau empat jam, sekalipun sedang tidak sedang “banyak-banyaknya”, penting untuk mengganti pelembap yang digunakan secara berkala.

Pakaian Dalam Juga Bisa Jadi Penyebabnya

Pilih celana dalam berbahan katun untuk dipakai setelah haid. Hindari menggunakan baju atau celana yang terlalu ketat juga. Terkadang celana dalam yang terbuat dari bahan fiber sintetis bisa menyebabkan Miss V terasa gatal.

Vaginosis Bakterialis

Terkadang bakteri di Miss V bisa tak seimbang. Dan bisa menyebabkan vaginasosi bakterialis. Vaginosis bakterialis merupakan salah satu masalah kewanitaan yang terjadi akibat terganggunya keseimbangan bakteri di dalam vagina. Gejalanya meliputi gatal di area Miss V dan keputihan, keluar cairan encer dan berbau dari Miss V.

Yeast Infection

Rasa gatal muncul bisa disebabkan berkembangnya fungi Candida albicans. Gejalanya juga bisa meliputi rasa perih saat sedang berhubungan intim atau buang air kecil, ruam kemerahan, dan keputihan. Yeast infection ini juga bisa disebabkan karena stres, perubahan hormon, dan penggunaan anti biotik.

Rasa gatal pada Miss V setelah haid juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi akibat penggunaan produk tertentu. Dan buat kamu yang sudah menikah, kondisi Miss V yang gatal setelah haid bisa juga disebabkan oleh penyakit seks menular.

Pertolongan pertama mengatasi rasa gatal ini adalah dengan membasuh area Miss V dengan air dingin. Jika rasa gatal yang dirasakan sangat mengganggu, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Miss V Terasa Gatal Setelah Haid, Normal Nggak Sih?"

Posting Komentar